Pengertian dan Macam-Macam Simbiosis beserta Contohnya

Simbiosis adalah pola interaksi antara dua makhluk yang berlainan jenis baik itu menguntungkan atau merugikan. Makhluk hidup yang terlibat dalam proses simbiosis disebut simbion. Kata simbiosis diambil dari bahasa Yunani yaitu sym yang berarti “dengan” dan biosis yang berarti “kehidupan”.

Ada berbagai macam jenis simbiosis yang perlu anda ketahui. Terdapat 5 macam, yaitu mutualisme, parasitisme, komensalisme, kompetisi dan netralisme. Semua itu akan dibahas di sini disertai dengan contoh-contohnya.

 

Simbiosis Mutualisme

Jenis simbiosis ini merupakan interaksi atau hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh simbiosis mutualisme adalah

1. Contoh Simbiosis Mutualisme Bunga dan Lebah

contoh simbiosis mutualisme bunga dan lebah
sumber: pinterest.com

Lebah membutuhkan madu yang ada pada bunga sebagai makanannya sedangkan bunga membutuhkan lebah untuk membantu terjadinya proses penyerbukan.

2. Contoh Simbiosis Mutualisme Kerbau dan Burung Jalak

simbiosis mutualisme kerbau dan burung jalak
sumber: gambarlucugif.xyz

Burung jalak yang hinggap di kerbau akan memakan kutu-kutu yang ada dan kerbau pun juga merasa diuntungkan karena tubuhnya menjadi bersih karena kutu-kutunya yang terdapat di tubuhnya hilang.

3. Contoh Simbiosis Mutualisme Jamur dan Lumut Kerak

Jamur yang ada pada lumut kerak berfungsi menjadi pelindung dan penyerap air serta mineral sedangkan ganggan yang hidup di antara miselium jamur menyediakan makan melalui proses fotosintesis. Jamur yang terdapat pada lumut kerak tidak dapat hidup sendiri di alam

4. Contoh Simbiosis Mutualisme Bunga dan Kupu-Kupu

mutualisme antara kupu-kupu dan bunga
sumber: threeas.wordpress.com

Sama halnya seperti halnya hubungan atau interaktsi antara lebah dan bunga. Kupu-kupu membutuhkan makanan yaitu nektar yang terdapat pada bunga sedangkan dengan adanya kupu-kupu tersebut, proses penyerbukan bunga jadi terbantu.

5. Contoh Simbiosis Mutualisme Flagellata dan Rayap

Flagellata yang hidup pada usus rayap membantu proses pencernaan rayap sedangkan flagellata mendapat makanan dari rayap.

 

Simbiosis Parasitisme

Merupakan interaksi yang mana satu pihak akan mendapat keuntungan sedangkan pihak lain akan mendapat kerugian. Contoh simbiosis parasitisme adalah

1. Contoh Simbiosis Parasitisme Tanaman Benalu dan Inangnya

Benalu adalah tanaman parasit yang tumbuh pada batang tumbuhan lain. Benalu biasanya ditemukan pada batang pohon-pohon besar yang tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan yang dihinggapi oleh tanaman benalu akan mengalami kerugian karena air dan hara yang dimiliki akan diserap oleh benalu untuk hidup.

2. Contoh Simbiosis Parasitisme Tali Putri dan Inangnya

contoh simbiosis parasitisme tali putri dan inangnya
sumber: temanartikel.blogspot.com

Jika benalu mengambil air dan hara, maka tali putri mengambil sari makanan yang sudah jadi yang ada pada tumbuhan yang dihinggapinya. Sehingga tumbuhan yang dihinggapi oleh tali putri akan lebih cepat mati.

3. Contoh Simbiosis Parasitisme Cacing Pita pada Usus Manusia

Cacing pita memiliki kait di tubuhnya untuk melekatkan dirinya pada dinding usus manusia. Cacing pita sering ada pada usus orang yang suka mengonsumsi daging babi.

4. Contoh Simbiosis Parasitisme Kutu dan Tempat Tinggalnya

simbiosis parasitisme kutu dan inangnya
sumber: petlogue

Kutu yang sudah menemukan tempat tinggal akan menghisap darah untuk memperoleh makanan. Makhluk hidup baik itu manusia atau hewan yang sudah dihinggapi kutu akan merasakan gatal-gatal.

 

Simbiosis Komensalisme

Merupakan interaksi atau hubungan yang mana satu pihak mendapat keuntungan sedangkan satu pihak lainnya tidak mendapatkan apa-apa, baik itu keuntungan maupun kerugian. Contoh simbiosis komensalisme adalah

1. Contoh Simbiosis Komensalisme Ikan Badut dan Anemon Laut

contoh simbiosis komensalisme ikan badut dan anemon laut
sumber: pcwallart.com

Ikan badut menjadikan anemon laut sebagai tempat bertahan hidup sedangkan anemon laut tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan dari kehadiran ikan badut.

2. Contoh Simbiosis Komensalisme Tumbuhan Pakis dan Inangnya

Tumbuhan pakis mendapatkan keuntungan tempat tinggal dari inang yang dihinggapinya, sedangkan tumbuhan yang dihinggapi oleh tumbuhan pakis tidak merasa dirugikan karena tumbuhan pakis ini tidak menyerap air maupun sari makanan dan tidak pula mendapatkan keuntungan.

3. Contoh Simbiosis Komensalisme Anggrek dan Inangnya

Sama halnya seperti tanaman pakis, anggrek memperoleh keuntungan karena mendapatkan tempat tinggal dari tumbuhan yang dihinggapinya.

4. Contoh Simbiosis Komensalisme Sirih dan Inangnya

Seperti halnya dua kasus di atas, yaitu anggrek dan tumbuhan pakis, sirih mendapat keuntungan karena memperoleh tempat tinggal dari tumbuhan lain

5. Contoh Simbiosis Komensalisme Ikan Hiu dan Ikan Remora

simbiosis komensalisme ikan hiu dan remora
sumber: kidnesia.com

Ikan remora berenang di dekat tubuh ikan hiu dan terus mengikuti ke mana pun ikan hiu tersebut pergi sehingga aman dari ancaman ikan pemangsa karena takut terhadap ikan hiu. Sedangkan hiu yang terus diikuti oleh ikan remora tidak mengalami kerugian karena tidak merasa terganggu dengan kehadirannya dan tidak pula mendapatkan keuntungan darinya.

 

Simbiosis Amensalisme

Suatu interaksi atau hubungan yang mana satu pihak dirugikan sedangkan pihak lainnya tidak mendapatkan apa-apa, baik itu keuntungan maupun kerugian. Contoh dari amensalisme adalah pohon wallnut dengan tumbuhan lainnya. Tumbuhan lain tidak dapat hidup karena pohon wallnut menghasilkan senyawa alelopati.

 

Simbiosis Kompetisi

Merupakan sebuah hubungan yang mana kedua belah pihak saling merugikan. Biasanya terjadi dalam hal memperebutkan makanan. Terdapat 2 jenis dalam simbiosis kompetisi, yaitu intraspesifik dan interspesifik. Kompetisi intraspesifik adalah persaingan antar individu yang berbeda jenis, contohnya adalah antara kambing dan sapi dalam memperebutkan makanan. Kompetisi intraspesifik adalah persaingan yang terjadi pada jenis atau spesies yang sama, contohnya adalah persaingan antar singa jantan dalam memperebutkan pasangan atau wilayah.

 

Simbiosis Netralisme

Dapat terlihat dari namanya, dari interaksi yang terjadi antar dua pihak tidak ada yang mendapatkan apa-apa, baik itu menguntungkan maupun merugikan. Contoh simbiosis netralisme adalah kambing dengan burung hantu

Leave a Comment