3 Sebab Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Email merupakan sebuah layanan surat elektronik yang sangat dibutuhkan dalam era digital seperti sekarang ini. Untuk bisa mendaftarkan diri di berbagai macam sosial media dan website lainnya, anda memerlukan sebuah email.

Tujuannya tentu di antaranya adalah untuk konfirmasi dan pemulihan akun apabila sewaktu-waktu anda melupakan kata kunci pada sebuah sosial media atau website. Maka dari itu kata kunci dari sebuah akun email merupakan yang paling penting untuk diingat daripada kata kunci pada akun lainnya.

Selain itu, di zaman sekarang email masih banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan dan akademik. Biasanya digunakan untuk mengirimkan file-file penting seperti tugas dan hasil pekerjaan.

Perbedaan Email Gratis dan Email Profesional

email profesional
(Sumber: pixabay.com)

Perbedaan paling mencolok dari email gratis dan email profesional adalah dari domain yang digunakan. Email gratis menggunakan domain website layanan email pada umumnya seperti Gmail, Yahoo, Outlook dan masih banyak lagi, sedangkan email profesional menggunakan domain website pribadi atau perusahaan.

Contoh dari email gratis

Contoh dari email profesional

Jadi untuk bisa mendapatkan email profesional, kita diwajibkan memiliki website pribadi terlebih dahulu. Pastinya domain website tersebut merupakan TLD (Top Level Domain) yang berbayar seperti .com, .net, .org bukan dari layanan website gratis seperti blogspot.com.

Pentingnya Menggunakan Email Profesional dalam Sebuah Bisnis

email bisnis
(Sumber: pixabay.com)

Ada faktor-faktor yang menjadi pertimbangan mengapa menggunakan email profesional menjadi sesuatu yang penting dalam sebuah bisnis, di antaranya adalah

1. Email lebih dipercaya

Jika ada sebuah perusahaan contohnya Telkomsel, lalu anda mendapatkan kontak email [email protected] dan [email protected], maka email mana yang lebih anda percaya?

Pastinya anda akan lebih percaya dengan email [email protected], sehingga di saat anda memiliki permasalahan terkait dengan layanan telkomsel atau keperluan lainnya maka alamat email yang anda hubungi adalah [email protected]

Begitu juga saat anda mendapatkan sebuah informasi tentang produk, tawaran atau event dari telkomsel yang masuk ke email anda. Pastinya anda akan lebih percaya dengan email masuk yang berasal dari alamat email [email protected] dibandingkan dengan [email protected]

Dengan begitu, adanya email profesional menjadikan sebuah bisnis lebih dipercaya karena terlihat dibangun dengan lebih profesional dan sungguh-sungguh. Tidak hanya mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, dengan adanya email profesional ini juga bisa menambah tingkat kepercayaan dari pelaku bisnis lainnya saat ingin mencari partner kerjasama.

2. Click rate lebih tinggi

Apa itu click rate? Click rate merupakan bahasa inggris dari tingkat klik, yang berarti berapa besar kemungkinan tingkat klik pada sebuah email yang masuk.

Bayangkan jika anda mendapatkan email tentang penawaran menarik dari [email protected], mungkin anda tidak akan membukanya tapi justru akan menghapus email masuk tersebut karena menganggap bahwa informasi tersebut tidak resmi dan mungkin saja merupakan sebuah penipuan.

Beda halnya apabila anda mendapatkan email mengenai penawaran menarik dari [email protected], kemungkinan anda akan membuka email masuk tersebut akan jauh lebih besar.

3. Lebih mudah diingat pelanggan

Selain mendapatkan kepercayaan dan click rate yang lebih tinggi, menggunakan email profesional menjadikan pelanggan lebih mudah mengingat email bisnis anda karena mayoritas email profesional yang dimiliki oleh sebuah bisnis memiliki karakter yang lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan email gratis.

Bagaimana Cara Mendapatkan Email Profesional?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa untuk mendapatkan email profesional pastinya kita harus memiliki website pribadi dengan TLD (Top Level Domain) terlebih dahulu.

Apabila anda sudah memiliki domain dan hosting yang digunakan untuk membuat website tersebut, maka silahkan masuk ke CPanel yang sudah disediakan oleh pihak hosting lalu masuk ke pengaturan “Email Account”. Nah, anda tinggal atur alamat email, password dan quota penyimpanannya.

cpanel

Apabila anda ingin memiliki email domain dengan quota penyimpanan yang lebih besar, anda bisa menggunakan layanan dari Hosting Indonesia rumaweb.com yang bernama FlockMail. Layanan tersebut memberikan anda kapasitas email bisnis hingga 30GB.

Dengan FlockMail, anda akan mendapatkan fasilitas

  • Desktop apps untuk MacOS, Windows, dan Linux
  • Mobile untuk IOS dan Android
  • Calendar
  • Contact
  • Antivirus dan inbound SPAM protection
  • Video calls untuk 8 partisipan
  • Video calls screen sharing untuk presentasi dan kolaborasi

Author: afikrubik

Cuber, blogger, programmer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.