Cerita Singkat Perjalanan Hidup Saya

kota semarang
Kota Semarang (sumber: inovedu.com)

Nama saya Dzulfikar Abdul Fattah. Biasa dipanggil Afik. Lahir di Semarang tanggal 14 Desember 1997. Kali ini saya ingin menceritakan secara singkat perjalanan hidup saya.

 

Pindah ke Jakarta

kota jakarta
Kota Jakarta (sumber: en.wikipedia.org)

Karena orang tua saya ada urusan bisnis. Maka saya pindah dan tinggal di Jakarta. Di Jakarta, saya tinggal di kawasan BSD dan juga dimasukkan ke Prasekolah Tumble Tots. Jadi Tumble Tots ini adalah prasekolah untuk anak 0-5 tahun yang bertujuan untuk menstimulasi otak anak karena di usia tersebut adalah masa keemasan balita atau biasanya disebut golden age.

tumble tots jakarta
Tumble Tots (sumber: class4kids.co.uk)

Selain dimasukkan di tumble tots, saya juga dimasukkan ke prasekolah yang kalau tidak salah bernama ballon. Untuk ballon ini sepertinya sama seperti tumble tots yaitu prasekolah yang bertujuan untuk menstimulasi otak di masa keemasan anak.

Kenangan yang Masih Teringat

Karena sudah lama sekali dan sekarang saya sudah menginjak usia 18 tahun, jadi sebagian besar dari kenangan masa kecil di Jakarta sudah saya lupakan. Tapi masih ada beberapa yang saya ingat.

Saya ingat waktu dimasukkan di prasekolah saya selalu membawa tutup es krim untuk dijadikan sebagai setir. Jadi saya suka bermain setir-setiran menggunakan tutup bekas es krim seakan saya sedang mengendarai sebuah mobil.

Yang paling saya ingat adalah saya pernah diajak oleh bapak saya menonton balapan mobil remote control.

balapan remote control
Balapan Mobil Remote Control (sumber: rccaraction.com)

 

Kembali ke Semarang

Saya lupa umur berapa saya kembali ke Semarang. Sepertinya saat umur 3-4 tahun. Yang pasti saya masih ingat bahwa saya dimasukkan ke semacam playgroup di Semarang yang berada dekat dengan rumah saat pertama kali saya pindah ke Semarang.

Tinggal di Bukit Agung

Pertama kali saya menginjakkan kaki di Semarang, saya tinggal di salah satu rumah yang berada di Bukit Agung. Di Bukit Agung, saya sempat merasakan 2 rumah yang berbeda karena rumah yang saya tempati di sini masih kontrakan. Yang pertama saya tinggal di blok F no 10 dan yang kedua di blok A no 4.

Tinggal di sini sangatlah menyenangkan karena warganya sangat rukun. Saya juga sering bermain bersama teman-teman saya di waktu sore saat tinggal di sini.

Pindah ke Tembalang

Karena masa kontrak rumah yang sudah habis, saya harus pindah ke rumah yang tidak terlalu jauh dari Bukit Agung yaitu di Bulusan Kec.Tembalang. Di sini saya juga masih tinggal di rumah kontrakan yang dimiliki oleh pakde saya. Rumah ini minimalis dan enaknya adalah rumah ini bersebelahan dengan mushola. Jadi jika ingin sholat tinggal jalan sedikit saja sudah langsung sampai.

Pindah Rumah Lagi

Ini adalah rumah yang sekarang keluarga saya tempati. Masih di kecamatan yang sama dengan rumah sebelumnya. Namun bedanya rumah ini orang tua saya bangun sendiri alias sudah tidak mengontrak. Di rumah ini juga dibangun sebuah kos-kosan khusus untuk laki-laki.

 

Sekolah adalah Rumah Kedua Saya

Kenapa saya bilang bahwa sekolah adalah rumah kedua saya? Karena sebagian waktu kita selama 12 tahun dari SD sampai SMA dihabiskan di sekolah. Bayangkan saja dari 24 jam yang kita miliki, kita kurangi dengan 7 jam di sekolah hasilnya adalah 17 jam. Itu pun belum ditambah jika kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Lalu kita kurangi lagi dengan waktu tidur 8 jam. Hasilnya adalah waktu efektif kita di rumah hanyalah 9 jam. Maka dari itu saya bilang bahwa sekolah adalah rumah kedua.

Di Semarang saya sekolah TK di Al-Azhar 14 Semarang. Setelah lulus TK, saya melanjutkan SD masih di sekolah yang sama yaitu SD Islam Al-Azhar 14. Untuk kegiatan-kegiatan di sekolah ini sepertinya tidak perlu saya ceritakan. Yang pasti ada pelajaran-pelajaran tambahan yang tidak ada di SD negeri dan waktu pulangnya lebih lama dari SD negeri.

Walaupun Al-Azhar juga ada SMP-nya tapi saya tidak melanjutkan SMP di sana tapi saya melanjutkan di SMP Negeri 21 Semarang. Saat saya sekolah di sini, pelajaran biologi, fisika dan matematika menggunakan Bahasa Inggris.

smp n 21 semarang
SMP N 21 Semarang (sumber: awidyarso65.wordpress.com)

Setelah itu saya melanjutkan pendidikan saya di SMK Negeri 11 Semarang. Saya mengambil jurusan multimedia dengan sub kompetisi website development.

smk negeri 11 semarang
SMK N 11 Semarang (sumber: diosgrafis.deviantart.com)

Leave a Comment