Pengertian dan Macam-Macam Perubahan Wujud Zat

Perubahan wujud zat adalah perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada suatu benda. Perubahan ini dapat terjadi karena adanya penyerapan dan pelepasan kalor. Perubahan terjadi saat tercapainya titik suhu tertentu oleh senyawa zat tersebut. Contohnya adalah air yang sudah mencapai titik beku akan berubah menjadi benda padat atau air yang telah mencapai titik didih akan berubah menjadi gas.

 

Macam-Macam Perubahan Wujud Zat dan Contohnya

Terdapat 6 macam perubahan wujud zat yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini akan dijelaskan 6 macam perubahan tersebut disertai dengan contohnya.

1. Membeku

perubahan wujud zat membeku
sumber: inhabitat.com

Membeku merupakan perubahan wujud benda atau zat dari cair ke padat. Dalam proses perubahan wujud yang terjadi, zat benda melepaskan energi panas. Contoh dari proses membeku adalah air yang diletakkan di dalam freezer kulkas berubah menjadi es

2. Mencair

perubahan wujud zat benda mencair
sumber: 4hdwallpapers.com

Mencari merupakan perubahan wujud zat atau benda dari padat ke cair. Dibutuhkan energi panas dalam proses pencairan. Contoh dari proses mencair adalah es batu yang terkena energi panas seperti terik matahari atau panas tubuh akan berubah menjadi air.

3. Mengkristal

perubahan wujud mengkristal
sumber: weatherinthehud.com

Mengkristal merupakan perubahan wujud zat atau benda dari gas ke padat. Dalam proses pengkristalan, zat akan melepas energi panas. Contoh dari proses mengkristal adalah uap yang berada di udara berubah menjadi salju karena tidak adanya energi panas.

4. Menguap

Menguap merupakan perubahan wujud zat atau benda dari cair menjadi gas. Diperlukan energi panas dalam proses penguapan ini. Contoh dari proses menguap adalah air yang mendapatkan energi panas seperti saat merebus air akan berubah menjadi uap.

5. Menyublim

perubahan wujud zat menyublim
sumber: baariki.id

Menyublim merupakan perubahan wujud zat dari padat ke gas. Diperlukan energi panas dalam terjadinya proses penyumbliman. Contoh dari proses menyublim adalah kapur barus yang habis karena berubah menjadi gas.

6. Mengembun

perubahan zat mengembun
sumber: cepamagz.com

Mengembun adalah perubahan wujud zat atau benda dari gas ke cair. Dalam prosesnya, zat akan melepaskan energi panas. Contoh dari proses mengembun adalah adanya air pada tutup panci saat merebus air yang merupakan perubahan dari uap yang tertahan tidak bisa keluar.

Leave a Comment