Cara Menerapkan Posisi Duduk yang Benar

Posisi Duduk yang Benar – Belajar di sekolah maupun di rumah, bekerja, bermain komputer, makan, minum, dll merupakan aktivitas yang dilakukan dengan posisi duduk. Aktivitas-aktivitas tersebut kebanyakan menuntut kita untuk duduk dalam waktu yang lama. Jika kita melakukan posisi duduk yang salah dalam waktu yang lama, maka akan berakibat buruk pada tubuh kita.

kursi menentukan posisi duduk yang benar
sumber: office-turn.com

Untuk itu pada artikel ini akan dijelaskan posisi duduk yang benar serta dampak akibat duduk terlalu lama dan cara pencegahannya.

 

Cara Melakukan Posisi Duduk yang Benar

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini dan membiasakan diri melakukan posisi duduk yang diinstruksikan. Memang pada awalnya akan timbul rasa tidak nyaman karena belum terbiasa namun dengan memaksakan diri anda lama-kelamanaan rasa tidak nyaman itu akan hilang dengan sendirinya.

1. Duduklah dengan Tegak

cara duduk tegak yang benar
sumber: mercola.com

Cara paling mudah untuk duduk dengan tegak adalah bokong anda menyentuh bagian belakang atau sandaran kursi dan seluruh punggung anda bersandar. Dengan begitu, otomatis badan anda akan mendapatkan postur tegak.

2. Tekut Lutut pada Posisi Nyaman

Pastikan posisi lutut anda sejajar atau lebih tinggi dari pinggul anda. Posisi terbaik adalah saat seluruh bagian bawah paha anda dapat menyentuh tempat duduk dan telapak kaki anda dapat menyentuh lantai.

3. Jangan Silangkan Kaki

Pasti banyak dari kita yang melakukan hal ini. Memang terasa sangat nyaman menyilangkan kaki saat duduk namun ternyata berbahaya bagi tubuh. Menyilangkan kaki saat duduk dapat membebani tulang belakang yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada panggul. Hal itu dapat menyebabkan nyeri punggung dan sakit leher karena adanya tekanan pada sepanjang tulang belakang.

Lebih baik letakkan kaki anda di palang kayu yang biasanya berada di bawah meja. Dengan begitu, kaki anda akan berada pada posisi tegak.

4. Dekatkan Kursi dengan Meja

dekatkan kursi dan meja untuk posisi duduk yang benar
sumber: ecfcenter.com

Jarak yang semakin dekat dengan meja akan membuat otot-otot terutama otot tangan lebih rileks karena lebih sedikit otot yang tertarik saat posisi badan dekat dengan meja.

5. Istirahatkan Lengan dan Siku

Sesekali, regangkan lengan dan siku anda agar bahu menjadi lebih rileks.

Posisi duduk di atas sebaiknya dilakukan di setiap duduk baik itu saat makan dan minum tapi yang paling utama adalah saat duduk dalam waktu lama seperti belajar di sekolah, bekerja dan saat di depan komputer.

Pada intinya adalah carilah posisi yang duduk paling nyaman dengan posisi badan tetap tegak untuk menjaga tulang punggung.

 

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Walaupun anda sudah melakukan posisi duduk yang benar, namun duduk terlalu lama juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa dampak yang dapat ditimbulkan akibat duduk terlalu lama adalah

Sakit Punggung

sakit punggung karena posisi duduk yang tidak benar
sumber: meadows-chiro.com

Ini merupakan akibat paling umum dari duduk terlalu lama. Biasanya dirasakan oleh pelajar atau orang kantoran yang menghabiskan banyak waktunya di kursi. Hal ini disebabkan karena otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.

Nyeri di Leher

Selain rasa sakit pada punggung, nyeri pada leher juga merupakan akibat paling umum dari duduk terlalu lama. Rasa nyeri pada leher disebabkan karena terjadinya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

Meningkatnya Resiko Diabetes

Wanita yang menghabiskan waktunya di tempat duduk selama 7 jam dalam sehari memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Penurunan Fungsi Otak

penurunan fungsi otak duduk terlalu lama
sumber: independent.co.uk

Hal ini dapat terjadi karena otak akan kekurangan asupan darah dan oksigen yang cukup saat kita duduk terlalu lama. Dengan begitu, fungsi otak akan lebih cepat menurun.

Mati Muda

Penelitian mengungkapkan bahwa semakin lama anda duduk, maka semakin pendek pula umur anda. Hal tersebut dikarenakan duduk dalam waktu lama akan menyebabkan terjadinya pengembangan lemak darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Resiko yang bisa terjadi adalah anda terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

 

Tips Mengatasi Bahaya Duduk Terlalu Lama

Jika duduk terlalu lama memang sebuah aktivitas yang tidak bisa anda hindari, ada beberapa tips untuk mengurangi resiko.

Minum Air Putih Lebih Banyak

Air Putih
sumber: shepleyspring.co.uk

Jika biasanya anda minum air putih 8 gelas per hari, tambah menjadi 10 sampai 12 gelas. Hal ini akan memicu anda untuk lebih sering berdiri dari tempat duduk untuk mengambil air minum atau pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Lakukan Olahraga Ringan Setiap 30 Menit

Anda dapat berjalan-jalan kecil, push up atau melakukan olahraga ringan lainnya setidaknya setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh anda dari kekakuan. Anda juga dapat melakukan jogging pada pagi harinya sebelum bekerja. Manfaat jogging dapat anda lihat di 20 Manfaat Rutin Melakukan Jogging di Pagi Hari

Pilih Tangga untuk Anda yang Bekerja di Kantor

tangga setelah duduk terlalu lama
sumber: a2ua.com

Jika di kantor anda tersedia lift, lebih baik anda gunakan tangga. Anda bisa berlari-lari kecil saat naik atau turun tangga. Hitung-hitung sekalian berolahraga daripada hanya diam berdiri di dalam lift.

Bekerja Sambil Berdiri Jika Memungkinkan

Apabila di kantor anda terdapat meja yang tinggi yang bisa digunakan untuk bekerja sambil berdiri, tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Jika anda sudah merasa lelah, barulah anda duduk untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

Itulah tadi posisi duduk yang benar serta bahaya duduk terlalu lama dan tips mengatasinya. Semoga bermanfaat

Sumber: doktersehat dan sumber lainnya

3 thoughts on “Cara Menerapkan Posisi Duduk yang Benar

Leave a Comment