Tempat Liburan untuk Anak di Jakarta dan Bandung

Tempat wisata adalah tempat paling cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak saat liburan. Selain untuk menghilangkan kejenuhan setelah menghabiskan hari-hari dengan sekolah, berkunjung ke tempat wisata juga sebagai ajang untuk berkumpul dan berjalan-jalan bersama keluarga.

Bagi anda yang ingin membawa anak-anak anda ke tempat wisata tapi masih bingung untuk memilih ke mana akan pergi, saya akan memberikan beberapa referensi untuk anda dan keluarga khususnya yang bertempat tinggal di Kota Jakarta dan Bandung.

 

Tempat Liburan untuk Anak di Jakarta

Bagi anda yang bertempat tinggal di Jakarta atau berencana untuk berkunjung ke Jakarta saat musim liburan, tempat-tempat ini bisa anda jadikan sebagai tujuan tempat berlibur anda.

1. Monas

Monas
Monas (sumber: artnculture.ilmci.com)

Monas adalah sebuah ikon dari Kota Jakarta yang merupakan monumen peringatan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Bangunan yang memiliki tinggi 132 meter dan bermahkotakan lidah api berlapis emas ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 – 15.00 WIB. Monas menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi terutama saat akhir pekan dan musim liburan.

Monas dilengkapi dengan Museum Sejarah Nasional Indonesia yang terletak di kedalaman 3 meter pada bagian dasar. Luasnya 80 x 80 meter dan dapat menampung hingga 500 orang pengunjung.

Harga tiket untuk dapat masuk ke Monumen Nasional adalah Rp5.000 untuk orang dewasa, Rp3.000 untuk mahasiswa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Anda juga harus membayar tiket seharga Rp10.000 (dewasa) dan Rp5.000 (mahasiswa) untuk bisa menggunakan lift ke puncak Monas.

2. Kidzania

Kidzania
Kidzania (sumber: celotehbojo.wordpress.com)

Kidzania merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk anak-anak. Tempat ini memang khusus untuk anak-anak. Selain hiburan, anak-anak juga akan mendapatkan edukasi di sini. Jadi si anak tidak hanya bermain tapi juga belajar.

Harga tiket masuk kidzania adalah Rp150.000 untuk anak-anak usia 4-16 tahun, Rp100.000 untuk orang dewasa usia 17-64 tahun dan Rp50.000 untuk batita usia 2-3 tahun. Harga tiket tersebut berlaku untuk hari biasa.

Untuk hari Sabtu dan Minggu harga tiket untuk anak-anak usia 4-16 tahun adalah Rp200.000, untuk orang dewasa usia 17-64 tahun adalah Rp150.000 dan untuk batita usia 2-3 tahun adalah Rp75.000.

3. Dunia Fantasi

Dufan
Dufan (sumber: pantauanharga.com)

Dunia Fantasi atau yang biasa disebut dengan Dufan adalah tempat hiburan yang terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Tempat hiburan dengan luas 9,5 hektar ini memiliki banyak sekali wahana permainan.

Wahana di dufan dibagi menjadi beberapa kawasan. Yaitu kawasan dengan sensasi Jakarta zaman dahulu, Eropa, Indonesia, Asia, Amerika, Fantasi Hikayat, Fantasi Yunani, Istabon dan Balara.

4. Atlantis Water Adventure

Atlantis merupakan wahana permainan air yang berada di Taman Impian Jaya Ancol. Wahana air yang memiliki luas sekitar 5 hektar itu memiliki delapan kolam utama.

Kolam-kolam yang ada di Atlantis dinamai dengan tokoh-tokoh yang muncul dalam legenda Yunani seperti Aquarius, Antila, Poseidon dan Plaza Atlas. Ada juga kolam yang diberi nama Atlantean, Octopus dan Kiddy Pool.

Jika anda belum jago berenang, anda bisa mencoba kolam apung. Kolam apung memiliki kadar garam yang cukup tinggi seperti pada laut mati sehingga anda akan mengapung meskipun anda belum jago berenang.

Kolam Apung Atlantis Water Adventure
Kolam Apung Atlantis Water Adventure (sumber: infojalanjalan.com)

Selain kolam apung anda juga dapat mencoba wahana-wahana lainnya seperti kolam ombak, kolam tanding dan masih banyak lagi.

5. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (sumber: vizts.com)

Jika anda berlibur ke Jakarta, jangan sampai tidak mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini Indonesia Indah memiliki konsep miniatur yang berisi kelengkapan Indonesia dengan segala isinya.

Taman dengan luas 150 hektar ini merangkum kebudayaan Indonesia yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari di 26 provinsi Indonesia.

Kenapa hanya 26 provinsi? Karena taman ini diresmikan pada tahun 1975 yang pada saat itu Indonesia hanya memiliki 27 provinsi termasuk Timor Timur yang kemudian daerah Timor Timur di taman ini diubah menjadi museum.

 

Tempat Liburan untuk Anak di Bandung

Selain Jakarta, Bandung juga bisa anda jadikan sebagai tujuan berlibur anda dan keluarga. Tempat-tempat ini sangat cocok untuk tempat berlibur anak-anak anda.

1. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland
Kampung Gajah Wonderland (sumber: initempatwisata.com)

Kampung Gajah Wonderland terletak di Jalan Sersan Bajuri KM 3.8 Lembang, Bandung. Kampung Gajah Wonderland adalah wahana air yang memiliki setidaknya 20 wahana

Wahana yang ada di Kampung Gajah Wonderland antara lain Horse Riding, Sespan, ATV Adventure, Kiddy Pool, Buddy Family, Aqua Boot, Sky Rider, Kolam Ombak, Octopus Racer dan masih banyak lagi.

Bagi anda dan keluarga yang hobi bermain wahana air, Kampung Gajah Wonderland dapat menjadi pilihan tepat untuk berlibur saat anda berkunjung ke Kota Bandung.

2. Padepokan Dayang Sumbi

Padepokan Dayang Sumbi terletak di Jalan Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik. Di sini anda bisa melihat proses pembuatan benang sampai kain sutra.

Selain melihat proses pembuatan kain sutera, anda juga bisa belajar cara memperlakukan kain ini, mengetes keaslian kain sutra dan belanja produk sutera yang sudah berbentuk kain sampai baju jadi.

Pedepokan Dayang Sumbi merupakan pelopor wisata ilmu sutera yang pertama di Indonesia. Berada di daerah pegunungan dengan udara yang segar. Pemeliharaan ulat sutera yang baik paling tidak harus berada minimal di 700 meter di atas permukaan laut dengan suasana yang tenang.

3. Carnival Land

Bandung Carnival Land
Bandung Carnival Land (sumber: tempatwisatadibandung.info)

Carnival Land cocok dijadikan sebagai alternatif tempat wahana bermain selain Dufan dan Trans Studio. Harga yang ditawarkan Carnival Land ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Dufan dan Trans Studio.

Carnival Land buka pukul 11.00 – 19.00 saat hari biasa dan pukul 11.00 – 20.00 saat akhir pekan dan hari libur.

Carnival Land terletak di Jalan Sirnagalih No 15 Bandung. Beberapa wahana yang ada di Carnival Land Bandung adalah Taman Lampion, Rumah Kaca, Sepeda Udara, Kursi Terbang, Mobill Gila, Mangkok Tsunami, Bom-Bom Car, Dragon Swing, Drop Zone dan masih banyak lagi.

4. Rumah Batik Komar

Ada lagi tempat edukasi yang sangat bagus untuk anak anda. Di Rumah Batik Komar, anda dan keluarga bisa belajar cara membatik. Di sini akan diajari bermacam-macam cara membatik.

Batik
Batik (sumber: youtube.com)

Rumah Batik Komar mempunyai visi melestarikan dan menumbuhkan tradisi batik Cirebon sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesehjahteraan masyarakat.

Bagi anda yang ingin datang dan belajar batik, Rumah Batik Komar terletak di Jalan Sumbawa No 22, Bandung.

5. Bandung Science Centre

Ada juga tempat wisata edukasi yang menyenangkan untuk anak di Bandung. Namanya Bandung Science Centre. Di sini anak akan bermain sambil belajar ilmu pengetahuan.

Bandung Science Centre memiliki 17 tema display yang berbeda yang di setiap tema memiliki atraksi interaktif seperti mesin Van De Graff yang ada di film Mr. Bean.

Bandung Science Centre terletak di Jalan Sirnagalih No 15, Bandung. Buka pukul 08.00 – 17.00.

Ya itu dia beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat musim liburan anak anda. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata lainnya di Jakarta dan Bandung. Anda bisa bertanya ke kenalan anda yang tinggal di Jakarta atau Bandung untuk mendapatkan referensi tempat wisata yang bagus untuk anak anda.

Rekomendasi untuk anda: Sewa Panggung Ringging Murah dan Berkualitas

3 thoughts on “Tempat Liburan untuk Anak di Jakarta dan Bandung

Leave a Comment