Yang Mana Hobi Saya?

Siapa sih orang yang gak punya hobi? Emangnya apa sih yang dimaksud hobi. Menurut saya yang namanya hobi sebenarnya bukanlah bentuk suatu profesionalitas. Jadi  misalkan anda hobi bermain games, anda belum tentu jago dalam memainkan games tersebut. Tapi dengan bermain games tersebut anda bisa merasa senang. Saat anda sedang jenuh anda akan bermain games.

Itu tadi pendapat saya tentang apa arti dari hobi itu. Kalo anda bertanya kepada saya tentang apakah hobi yang saya miliki, saya pasti akan bingung menjawabnya karena saya memiliki hobi yang berubah-ubah. Apa aja sih hobi yang saya miliki? Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

 

Mengarang Cerita

cerita
sumber: pixabay.com

Ini adalah hobi saya waktu kecil. Jadi saat waktu belum sore karena di waktu sore saya biasanya bermain dengan teman-teman dan saya tidak ada kerjaan, saya suka sekali mengarang cerita di buku tulis. Biasanya ceritanya berisi oleh kehidupan hewan-hewan seperti kelinci dan kawan-kawannya dan panjang ceritanya 1 sampai 2 halaman buku tulis.

 

Bermain Rubik

rubik
Rubik (sumber: pixabay.com)

Walaupun hanya bisa rubik 3x3x3 dan 2x2x2, saya sering mengisi waktu luang saya untuk bermain rubik. Saya juga pernah mengikuti lomba rubik yang pernah saya ceritakan di artikel yang berjudul Pengalaman Lomba Rubik.

Saya belajar rubik pertama kali dari bapak saya. Kemudian saya membeli bukunya Abel Brata yang berjudul Kitab Sakti Master Rubik. Dari buku itu saya belajar rumus yang lebih cepat untuk menyelesaikan rubik 3x3x3 dan menyelelesaikan rubik 3x3x3 dengan mata tertutup.

 

Bermain Catur

catur
Catur (sumber: pixabay.com)

Saya ingat pertama kali bermain catur pemberian dari pesawat garuda yang bentuknya sangat kecil. Pertama kali saya bermain catur bersama ayah saya dan pion-pion catur yang saya gerakkan masih asal-asalan karena saya belum bisa bermain catur sama sekali.

Main Catur Berang Teman SD

Dulu saya sering sekali bermain catur dengan teman SD saya dan bisa dibilang saya pemain catur yang jago di kelas. Biasanya saya bermain catur saat istirahat dan sekali-sekali saat pulang sekolah sembari menunggu orang tua menjemput.

Ikut Lomba Catur

Saya pernah mengikuti lomba catur tiga kali. Yang pertama adalah lomba catur tingkat RT. Waktu itu saya menang dua kali dan di pertandingan selanjutnya saya kalah dan dinyatakan gugur

Kedua saya mengikuti lomba di sekolah. Sistem yang digunakan juga sistem gugur dan saya langsung gugur pada pertandingan pertama melawan teman saya yang menjadi juara 2.

Yang ketiga ini lomba catur yang paling besar yang pernah saya ikuti. Lokasinya di Klinik Cito dan ini lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hadiah utamanya adalah laptop. Sistem yang digunakan adalah yang paling banyak menang dalam 8 pertandingan akan masuk ke babak final dan saya hanya menang 4 kali dari 8 kali pertandingan. Itu pun yang 2 kali menang karena tidak ada lawannya.

klinik cito
Klinik Cito (sumber: labcito.co.id)

Diblokir oleh Chess.com

Dulu saya juga sering bermain di chess.com. Karena sering kalah dan ingin naik peringkat dengan cepat, saya melakukan kerucarangan dengan cara meniru langkah yang dilakukan oleh game catur yang ada di komputer.

Alhasil selang beberapa hari akun chess.com saya diblokir karena terdeteksi melakukan kecurangan. Yang masih saya bingung sampai sekarang adalah bagaimana mereka bisa mendeteksi kecurangan yang saya lakukan.

 

Hobi Blogging

blog
Blog (sumber: a2ua.com)

Saya mulai suka blogging saat SMP. Blog pertama yang saya buat adalah afikrubik.blogspot.com. Dari situ saya mulai mengenal yang namanya SEO karena dulu saya ingin mengejar traffic tinggi tapi selalu tidak tercapai dan sampai sekarang pun blog afikrubik.blogspot.com trafficnya masih segitu-segitu saja.

Mencoba Platfrom Lainnya

Selain menggunakan blogger, saya juga coba-coba untuk menggunakan platform lain seperti wordpress.com, blog.com, weebly.com, ucoz.com dan masih banyak lagi.

Mencoba Hosting Gratis

Karena rasa penasaran yang tinggi, saya juga coba-coba mendaftar di hosting gratis. Yang saya ingat, saya pernah mendaftar di idhostinger. Di hosting tersebut, saya meng-install bermacam-macam CMS melalui auto installer.

Selain hosting gratis, saya juga pernah mendaftar di layanan domain gratis seperti .co.cc yang sekarang sudah mati, .tk, .co.nr, dll.

 

Hobi Programming

programming
Programming (sumber: pixabay.com)

Hobi ini muncul saat masa SMK. Sebenarnya sudah pernah otak atik HTML di blogger tapi hanya sekedar copy paste saja. Saya baru mengetahui bahasa pemrograman lainnya seperti HTML, CSS, PHP, dll dari SMK tempat saya sekolah dan dari situ saya mulai coba-coba untuk membuat web murni dari coding walaupun sampai sekarang hasilnya masih kurang memuaskan.

Saya belajar programming lebih banyak secara otodidak daripada belajar di sekolah. Saya belajar programming paling banyak dari website w3schools.com dan duniailkom.com. Selain dari situ, saya juga belajar melalui ebook.

 

Hobi Bermain Sulap

sulap
sumber: pixabay.com

Ini juga hobi saya waktu SD. Dulu bapak saya mempunyai buku sulap dan saya mempelajari sulap dari situ. Waktu itu juga saya suka melihat acara-acara sulap yang ada di tv seperti The Master dan acara sulapnya Demian. Dulu juga ada acara yang bernama After School yang dibintangi oleh Dedy Corbuzier yang isinya mengungkap rahasia-rahasia sulap.

Saya juga pernah membeli buku sulap kartu yang sudah dilengkapi oleh kartu-kartu sulap di dalamnya. Selain itu saya pernah membuat grup sulap di facebook yang beranggotakan teman-teman saya.

Leave a Comment